kode iklan 4

Pelatihan Budidaya Ikan Nila Dengan Sistem Bioflok Dampaknya Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Kelurahan Paccerakkang Kota Makassar

 




Peningkatan jumlah penduduk menimbulkan dampak yang cukup luas di berbagai sektor kehidupan manusia. Jumlah penduduk yang meningkat tidak hanya menuntut penyediaan pangan tetapi juga peningkatan gizi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan produksi pangan dan gizi bagi masyarakat luas. Salah satunya adalah pemenuhan akan kebutuhan protein hewani. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan akan ikan sebagai sumber protein hewani dengan cara peningkatan produksi perikanan melalui usaha budidaya ikan nila.

Melalui teknologi bioflok budidaya Ikan nila diharapkan mampu mengatasi permasalahan bagi budidaya ikan di perkotaan khususnya budidaya Ikan nila. Serta meningkatkan produksi budidaya ikan yang ramah lingkungan, berkelanjutan, serta mampu meningkatkan keberhasilan dan produksi Ikan nila. Banyak Pembudidaya yang menggunakan sistem budidaya bioflok ikan nila karena sistem ini mampu mengefisiensikan penggunaan pakan, meningkatkan produktivitas budidaya, dan meminimalkan penggunaan air.

Tujuan diterbitkannya buku ini adalah untuk memberikan pemahaman dan penjelasan secara sistematis mengenai sistem bioflok, pendekatan community development guna peningkatan pendapatan masyarakat melalui budidaya ikan nila, pelatihan budidaya ikan nila dengan sistem bioflok, pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM), harga jual ikan nila berperan penting guna meningkatkan pendapatan masyarakat pembudidaya, pemasaran, strategi pemasaran, pengumpulan data, perilaku konsumen.

Buku ini juga diharapkan menjadi alternatif untuk menjadi opsi untuk berwirausaha karena potensi alam yang ada, terlebih permintaan pasar terhadap ikan nila masih tinggi dan hal itu dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan ke depannya. Masyarakat pembudidaya ikan nila mengembangkan usaha budidaya ikan nila melalui kegiatan pemeliharaan ikan nila di media yang terkontrol dengan baik di antaranya adalah dengan menggunakan sistem bioflok. Sistem bioflok sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan masyarakat kelurahan Paccerakkang kota Makassar, hal ini terkait karena adanya peningkatan pendapatan masyarakat dari tahun ke tahun. Secara langsung ataupun tidak langsung dengan adanya pemanfaatan lahan kosong untuk membudidayakan ikan nila dengan menggunakan sistem bioflok tersebut otomatis tingkat kesejahteraan dapat meningkat pula dengan bertambahnya pendapatan dari hasil penjualan ikan nila yang mudah dan biaya budidaya ikan nilai dengan sistem bioflok yang dapat dikatakan tidak terlalu memakan biaya dan dapat dijangkau oleh masyarakat kelurahan Paccerakkang kota Makassar.

Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam menyusun buku ini. Masukan, saran, dan kritik yang membangun kami harapkan untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini.

 

Terima kasih,

 

            Makassar, Oktober 2024

Tim Penulis :

1. Dr. Mardiana Ibrahim, SE., M.Si

2. Dr. Mardia, S.P., M.Si

3. Dr. Muhammad Yusuf, S.Pi, M.Si

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar